Jenis – jenis fotografi

1.      Potrait photography

Fotografi portrait adalah jenis fotografi yang banyak dilakukan oleh para pemula. Fokus dari fotografi ini adalah wajah seseorang. Ini tidak berarti fotografer cukup memotret bagian wajah yang bersangkutan saja lalu selesai, tetapi fotografi portrait berusaha menangkap sisi artistik dari karakter wajah seseorang yang disertai dengan kemunculan rasa pada foto yang diambil. Sehingga, foto yang direkam tampak hidup dan bercerita seperti halnya sebuah karya sastra.

2.     Landscape photography

landscape photography adalah menggambarkan luasnya bentangan alam dengan sudut ruang yang tak terbatas, jadi landscape photography itu sesuatu yang bisa didokumentasikan dalam sebuah foto.


Biasanya landscape photography ini digunakan untuk menunjukan kemurnian sebuah bidikan alam yang terkesan alam tersebut tidak tersentuh oleh aktivitas tangan manusia, jadi landscape photography tidak hanya menunjukan sebuah pemandangan alam yang hijau dan asri, namun juga berkaitan diluar ruangan yang akan anda potret dengan jangkauan yang sangat luas.

3.     Human interest photography

 Hampir sama dengan portrait photography, objek utama dari human interest photography adalah manusia. Namun, tentunya ada yang menjadi pembeda di antara keduanya.

Jika portrait photography fokus untuk menangkap ekspresi manusia yang menjadi objeknya, human interest photography lebih menonjolkan bagaimana sisi kehidupan dan interaksi manusia dengan lingkungan sekitar dalam kesehariannya.

Dengan tujuan membangkitkan perasaan simpati maupun empati dari penikmat foto tersebut.

4.     Macro photography

Pengertian macro photography adalah mengambil sebuah foto dengan hasil gambar atau objek berukuran kecil dengan jarak pengambilan gambar yang sangat dekat, detail, tajam, dan tanpa bantuan alat seperti mikroskopik. Objek kecil misalnya binatang kecil diambil untuk mengeksplorasi berbagai macam detail dan tekstur yang tidak dapat dilihat dengan jelas dan kasat mata.

5.      Street photography

Street Photography / foto jalanan adalah salah satu jenis dari foto dokumenter yang menampilkan subjeknya dari situasi candid di tempat publik seperti jalan, taman, pantai ataupun tempat lainnya. 

(Ahya Ainur Rofi/1740210049)