Air Terjun Lorotan Semar, Hidden Paradise di Pegunungan Kendeng Desa Sumbersari Kayen


Pegunungan Kendeng ternyata menyimpan sejuta pesona. Air terjun Lorotan Semar secara administratif terletak di Dukuh Ngalingan Desa Sumbersari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Air terjun ini tidak seperti kebanyakan air terjun lainya yang tinggi tegak, Lorotan Semar ini lebih melandai, sehingga disebut lorotan (prosotan). Konon katanya nama Lorotan Semar ini diambil, karena lorotan ini pernah digunakan Semar (tokoh pewayangan) untuk bermain prosotan, hmmm…

Rute yang anda lalui bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena lokasinya sangat strategis di pinggir jalan yang menghubungkan Kecamatan Kayen dengan Desa Beketel. Dari alun – alun Kayen masuk ke arah selatan lewat samping RSUD Kayen, dari sini jaraknya sekitar tujuh kilometer.

Keramahan warga Dukuh Ngalingan Desa Sumbersari sangat terasa, Adi Prasetyo, salah satu warga desa setempat menuturkan, dulu tempat ini sepi, tempat anak – anak bermain air dan tempat memancing. Di sebelah timur air terjun terdapat tebing kapur, biasanya di musim tanaman jagung banyak sekali kera liar yang menyerbu tanaman jagung milik warga.

Di sebelah utara air terjun lorotan semar juga ada air terjun Indrakila yang tingginya sekitar empat meter. Diharapkan pemerintah dapat memperhatikan tempat wisata tersembunyi di Kabupaten Pati ini sehingga sedikit banyak bisa menggairahkan perekonomian warga setempat.

(M.Syamsul Arifin / 1740210055)